Try not to become a man of success but rather to become a man of value. (Albert Einstein, 1879-1955)

Rabu, Januari 30, 2008

Red Alert

"Battlefield Online"

begitu kata komputer dalam game strategi Command & Conquer (CC) Tiberian Sun atau Red Alert (masih ada yang main game ini ngga yaa..?), yang menandai dimulainya satu episode dimana kontrol diserahkan kepada sang commander (kita) terhadap medan pertempuran, yang juga berarti dimulainya ketegangan dalam adu strategi dan reaksi.

Begitu juga kira-kira rasanya tiap kali masuk semester baru, dengan kuliah baru, tantangan baru, strategi baru. Diawali dengan kebingungan dalam menentukan matakuliah pilihan, musti nyari yang kira-kira relevan dan mendukung rencana thesis, atau nyari yang bisa untuk 'mengamankan nilai' (pinjam istilahnya mba Nesi tadi pagi), atau mau idealis nyari ilmu baru buat dibawa pulang nanti.

Kalau di game CC, kita bisa punya kesempatan menyerang, tapi kalau kuliah, kita harus terus menerus bertahan, digempur sama tugas-tugas, presentasi, dan ujian. Mirip dengan satu episode di CC:Tiberian Sun dimana kita harus mengendalikan pasukan untuk bertahan selama sekitar 10 menit dan diserang terus menerus, tidak ada bala bantuan karena sedang badai ion (tidak ada pesawat yang bisa terbang), dan tidak bisa menyerang karena kita tidak bisa meninggalkan base dan kita tidak tau di mana lokasi musuh.
Kita baru punya peluang menang kalau bisa bertahan sampai badai ion reda dan bala bantuan datang, lalu kita membangun kekuatan untuk menyerang. Tapi selama bertahan yang paling kedengaran cuma komputer ngomong:
"base under attack"
"unit lost.." (prajurit mati atau kendaraan hancur)
"unit lost.."
"base under attack"
"unit lost.."
"unit lost.."
"unit lost.."
"unit lost.."


Ditambah lagi semester ini kita sudah diharuskan untuk memprogramkan thesis. Kalau dalam CC:Red Alert, rasanya seperti dalam episode ketika menghadapi pasukan Soviet yang sedang menyiapkan peluncuran nuklir di kepulauan Hawaii, dan harus digagalkan dalam 60 menit (waktu battlefield), kalau tidak habislah kita.

Kalau belum pernah main CC:Red Alert, percayalah, rasanya memang kayak sekarang ini, jadi nggak perlu nyari dan mainkan game itu lagi, karena kita yang sudah mendaftarkan thesis di KRS semester ini sedang berada di RED ALERT.. (bayangkan ada suara alarm dan lampu putar..) dan kita ngga punya waktu lagi untuk main game.. he he he he

(tapi bulutangkis jalan terus kan..?? :))

Tidak ada komentar: