Try not to become a man of success but rather to become a man of value. (Albert Einstein, 1879-1955)

Rabu, April 02, 2008

Oleh-oleh Seminar [1]

Ternyata seminar "MEMBONGKAR MITOS TOP 10 YAHOO! DAN GOOGLE" yang diselenggarakan oleh MM-UGM hari Jumat Sore (28/03/04) kemarin cukup menarik, sayang waktunya sangat singkat karena hanya merupakan perkenalan untuk workshop "Indonesia Boot Camp 2008: Sell Your Own Product!" yang akan diadakan tanggal 18-20 April nanti (biayanya 1,9 juta :P).

Seminar singkat ini menampilkan dua pembicara dari praktisi Search Engine Optimization (SEO) Consultant, Rieke Ustadiyanto (Mas Kekey, Bali), dan Dwi Herwanto (Mas Wawan, Yogya). Kedua pembicara cukup kaya pengalaman dalam mengoptimalkan sebuah situs hingga menjadi top rank dan tampil di halaman pertama search engine (khususnya Google), dan ini yang membuat seminar singkat ini menarik dan berbobot.

Sebagian yang sempat saya tangkap dari pembahasan dalam seminar, coba saya share di sini sebagai oleh-oleh untuk teman-teman yang tidak sempat ikut

Apa itu SEO?

SEO adalah berbagai upaya yang dilakukan terhadap sebuah webpage untuk bisa muncul di halaman pertama search engine, dan sebisanya muncul sebagai pilihan pertama, tujuannya untuk mengefektifkan promosi web dan menaikkan profit.
Menurut data yang disajikan oleh para pembicara, lebih dari 50% pengguna search engine hanya melihat halaman pertama saja dari hasil pencarian

Urutan situs yang muncul dalam hasil pencarian search engine ditentukan oleh Page rank dari setiap situs yang sesuai dengan keyword yang dicari, Page rank tertinggi akan menempatkan situs pada posisi pertama.

SEO bertujuan untuk meningkatkan Page rank dari situs web hingga mencapai top-rank hingga selalu muncul sebagai pilihan pertama. SEO bisa dengan cara in-page yaitu dengan menata struktur dan isi halaman web agar menjadi suitable bagi search engine, dan secara off-page yaitu dengan meningkatkan kepercayaan search engine terhadap halaman web melalui interaksi (berdasarkan link) dengan halaman web lain utamanya dengan web yang sudah memiliki Page rank yang tinggi


Apa itu Page Rank?

Tadinya saya juga berpikir kalau Page rank itu berarti ranking halaman, yang ternyata bisa benar bisa tidak..Bisa benar jika dilihat dari segi bahasa, tetapi sebenarnya Page rank (perhatikan.., selalu ditulis dalam huruf besar) itu adalah sistem perankingan (penentuan urutan) yang algoritmanya dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Birn, dua pendiri Google. Kata Page diambil dari nama belakang Larry Page

Page rank menentukan level popularitas sebuah situs web dalam skala 1-10 (10=top rank), berdasarkan jumlah in-bound link atau back link atau jumlah site lain yang merujuk ke web tersebut, karena itu salah satu strategi untuk meningkatkan Page rank adalah berusaha memperbanyak jumlah web site yang memiliki link menuju ke situs web kita.

Dengan ini, tradisi lama (kini jadi mitos..) untuk mendaftarkan site ke search engine, tidak diperlukan lagi, cukup dengan mengusahakan adanya link dari situs yang (sebaiknya) sudah memiliki rank tinggi menuju ke situs kita. Tapi perhatikan juga bahwa jumlah out-bound link (link keluar) dari situs yang merujuk ke situs kita akan mempengaruhi Page rank situs kita, semakin banyak out-bound link dari situs itu, semakin kecil kontribusinya terhadap Page rank situs kita..

Hmmm.. rumit yaa..?? Gampang-gampang susah..


Masih Efektifkah Meta Tag?

Ini pertanyaan yang sempat saya ajukan dalam seminar (hasilnya, saya dapat kaos.. he he he..), apakah tag META-description dan META-keyword masih mempengaruhi optimalisasi situs kita terhadap search engine.

Hingga saat ini search engine masih tetap menggunakan spider-bot yang melakukan crawling dari site-ke-site, web-ke-web (dengan menelusuri link yang ada), dan melakukan indexing terhadap seluruh halaman yang ditemukan.

Teknologi indexing seluruh halaman secara semantik saat ini, membuat search engine bisa menemukan sendiri kata-kata utama dalam halaman dan mencatatnya sebagai keyword. Namun tag META-keyword dan META-description masih baik dan efekif digunakan untuk lebih memudahkan proses indexing.

Tips: Distribusikan kata kunci dalam 200 kata pertama dari isi halaman. Hati-hati, kata kunci yang terlalu banyak di ulang bisa jadi dianggap bukan sesuatu yang penting dan tidak disimpan sebagai kata kunci dalam database search engine


Apakah Update Web Bisa Menaikkan Rank?

Mas Kekey memberikan contoh, ada situs web yang sejak dibuat sangat jarang di-update, tetapi bisa terus berada pada top rank mengalahkan page sejenis yang rajin di-update (coba search dengn keyword "bali villas").

Tetapi dia juga mengatakan bahwa web yang aktif di-update seperti serangga (yang terjerat jaring laba-laba) yang selalu bergerak dan menarik perhatian laba-laba. Web yang aktif diupdate akan lebih sering di kunjungi spiderbot dan bisa membantu mempertahankan dan/atau menaikkan posisi rank. web yang semakin jarang di kunjungi oleh spiderbot karena lama tidak di-update berpotensi untuk digeser posisinya oleh situs web yang lebih baru

Itulah sedikit hal yang bisa saya cerna (mudah-mudahan tidak salah cerna) dari pemaparan dua pembicara yang memang sedikit karena keterbatasan waktu


Satu hal menarik (bagi saya pastinya..)

Saya baru dapat pencerahan tentang SEO dari seminar singkat ini, dan situs web kampus saya http://www.kharisma.ac.id/ yang saya buat belum dilengkapi dengan 'persenjataan dan amunisi' SEO terbaru, dibuat apa adanya.. tapi ternyata..coba cari "STMIK di Makassar" (ketikkan sebagai keyword) di Google dan coba lihat situs apa yang paling top (ngga nyombong nih.., kejadiannya emang gitu..)

Mungkin satu faktor yang juga mempengaruhi adalah keunikan site.., karena di Makassar hanya ada empat STMIK

Tapi.., satu lagi..,
seluas apa sih penggunaan kata "kharisma"..?, silahkan cari kata "kharisma" di Google.., Alhamdulillah web STMIK KHARISMA sementara ini dianggap top untuk kata kunci itu..

Sekarang, dengan wawasan baru tentang SEO, saya terobsesi untuk membuat web saya tersebut bisa muncul di halaman pertama untuk pencarian dengan keyword "Makassar" atau dengan keyword "STMIK" (sekarang masih di halaman 2)

Sssstt.. rekan-rekan yang webmaster, atau yang sering nulis di milis, atau di blog lain, rajin-rajin bikin link ke blog kita ini yaa.., supaya bisa menggeser mkom.ugm.ac.id dari top page untuk pencarian dengan keyword "mkom", per-hari ini masih diposisi ke tiga.., dua step lagi, friends... :)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Terima kasih sekali pak, atas sharingnya .. Saya juga berpikir, apakah hanya dengan Meta tag dapat menaikkan rangking, karena saya belum berhasil menaikkan rangking web yang saya masteri ..
:D

DeaGLeFreNZy mengatakan...

Pak, saya ingin tahu bagaimana cara melihat PageRank dari sebuah situs, seperti yang Anda bilang bahwa skala www.kharisma.ac.id adalah 3/10?

Sofyan Thayf mengatakan...

Paling mudah untuk melihat PageRank adalah dengan mengaktifkan Google toolbar pada browser (sekarang saya pakai IE7), lalu melalui tombol "Add Button to Your Toolbar" (biasanya tidak jauh dari kotak search) pilih dan aktifkan button untuk PageRank, maka kita dapat langsung melihat Goggle PageRank untuk setiap halaman yang terbuka pada browser saat itu.

Sudah banyak juga widget yang dikembangkan untuk dipasang dihalaman web kita dan menampilkan PageRank dari halaman web bersangkutan