Try not to become a man of success but rather to become a man of value. (Albert Einstein, 1879-1955)

Rabu, Februari 27, 2008

HUNTING….KAOS 906 (Kronologis)


  1. Ternyata tuk mewujudkan sebuah “KAOS 906” lebih sulit dari mewujudkan sebuah “jaket”. Sejak Jum’at hingga minggu kemaren, Si & Niken dah keliling jogja tuk mencari Kaos yang tepat tuk angkatan kita. Tapi perjuangan kami kali ini butuh pengorbanan yang besar.

    Kami berusaha tuk mencarikan “alternative terbaik” dari pilihan yang baik. Bukannya kami bermaksud tuk memaksakan keinginan lho..

    Jadi biar teman-teman tau “KRONOLOGIS” selama proses “Hunting” yang kami lakukan untuk mendapatkan sebuah “KAOS 906”, yang akhirnya membuat kami “sedikit nyerah”, silakan baca ini dulu selanjutnya tolong buat keputusan.

    Jum’at , 22 Februari 2008

    Kita berangkat dari kos sekitar jam 9.00 wib. Tujuan pertama kita adalah C-59( kebetulan letaknya ga jauh dari kos). Setelah lihat-lihat sample dan tanya2 harga kemudian kita cabut deh. C-59 juga ngasih contoh bahan (klo ada yang minat mo lihat contoh bahannya, bisa lihat sama saya). Detail bahan dan harga akan kita tampilkan nanti dibagian bawah. Tapi secara keseluruhan hasil survey kita di C-59 terasa kurang memuaskan..(karena bahan yang kurang bagus dan harga yang lebih mahal dibandingkan yang lain)

    Kemudian perjalanan kita lanjutkan ke KOPMA, yang juga udah biasa menerima orderan pembuatan kaos dan jaket. Disini kita mendapatkan bahan yang lebih bagus dan dengan harga yang relative murah (karena harga yang diberikan sudah termasuk bordiran 2 logo). Tapi sayangnya KOPMA ga bisa ngasih contoh bahannya ke kita. Malah mereka menawarkan tuk bawa contoh baju yang mereka punya aja(asalkan kita meninggalkan jaminan untuk itu). Cuma waktu itu saya ga jadi bawa contoh baju itu, karena saya pikir terlalu lama baju itu tertahan sama kita (Jadi ga enak juga kan??). Tapi saya bisa memberikan jaminan kepada teman-teman, bahwa bahan yang mereka tunjukkan benar2 bagus. Namun kita ga berhenti sampe disini aja…, kita coba cari lagi di tempat lain, kali aja ada tempat yang lebih bagus dengan harga yang juga pas buat kite-kite. Dan tujuan kita berikutnya adalah toko Wijaya (tempat pesan jaket dulu). Sebelumnya THANKS FOR NIKEN karena ga pernah lelah kesana-kemari menemani-ku walau panas-panas..

    Di toko wijaya, kita menemukan bahan dengan kualitas yang lebih baik dari C-59, namun sedikit dibawah kualitas di KOPMA (ya..kualitas sedang gitu deh…), dan soal harga cukup sesuai dengan bahan yang ditawarkan.

    Karena cuaca makin panas dan kita juga dah lelah, akhirnya “Hunting kaos” kita akhiri sampai disana aja….



    Sabtu , 23 Februari 2008

    Sabtu pagi kebetulan Si ada kuliah pengganti sama pak Agus (Digital Image Processing), jadi ada kesempatan tuk nunjukin contoh bahan kaos ke teman2 yang juga ada kuliah yang sama. Kebetulan yang baru lihat mas heru dan pak sofyan aja. Tapi ternyata dari 2 responden ini, respon yang didapat tidak seperti yang diharapkan (harapannya sih ada yang milih salah satu alternative tersebut, namun yang terjadi malah sebaliknya). Ibarat kate orang nih…”Proposal Anda Ditolak…”, yaa..gitulah kira2 yang saya tangkap dari hasil responden tersebut.

    Baik Si ataupun niken jadi bingung juga sebenernya “Kaos seperti apa yang diinginkan”. Dalam pikiran Si klo kita bikin disainnya sendiri, itu artinya kita mesan tuk dijahitkan. Tapi klo kita beli kaos jadi aja trus nanti baru di border, kenapa juga harus repot2 mendisain???. Karena itu sama aja merepotkan diri sendiri, “mencari sesuatu yang belum tentu ada….”(dan hal ini bisa kita buktikan…)

    Setelah diskusi sama niken, akhirnya saya putuskan tuk coba mencari “Kaos Yang Udah Jadi”, dibeberapa tempat hari minggunya.

    Minggu , 24 Februari 2008

    Sekitar jam 2 siang (setelah pulang dari kampus, kebetulan ada yang sidang thesis), hunting kita mulai dari “Galeria Mall”. Kita berharap bisa menemukan “Kaos seperti yang didisain”, minimal warnanya sesuai dan polos (alias ga ada bordiran lain). Dari semua toko2 yang ada di Gale termasuk “Matahari Dept Store”, kita cuma menemukan 2 kaos yang bisa dikatakan “HAMPIR” memenuhi syarat disain yang telah disepakati. Yaitu :
    a. Kaos pertama yang kita temukan (maaf merknya lupa…),warna putih polos (ga ada warna hitam), dengan harga Rp.129.900 (dan otomatis ini belum termasuk biaya LOGO yang akan kita buat). Kualitas bahannya sama seperti bahan yang ada ditoko wijaya.
    b. Kaos kedua yang kita temukan warnanya hitam polos (tapi yang model kaos Golf), dan warna hitamnya agak kumal. Harganya Rp.79.500. Merknya Si lupa eeuyy….

    Perjalan kita lanjutkan ke Ramai-Malioboro…..

    Sama halnya dengan di Gale..,diramayana pun kita ga menemukan kaos seperti yang didisain. Karena semua kaos yang ada itu pasti sudah dibordir sama merknya dan lagi lagi bahannya ga terlalu bagus.

    Kemudian kita menuju Ramayana-Malioboro….

    Kejadian yang sama terulang lagi. Ramayana yang sebesar itu ternyata juga ga menjual kaos yang kita inginkan. Sampe pegawainya itupun bilang klo disana ga ada kaos yang polos seperti yang kita cari….
    Karena hari dah makin sore, kita pun pulang……………

    Sekarang terserah teman-teman aja….., klo ada yang bisa mencari ditempat lain..yaa silahkan aja....(monggoooo………..). Klo saya dan niken dah nyerah…ga sanggup lagi deh..

    Sebagai bahan pertimbangan bagi teman-teman, berikut ini saya gambarkan rincian harga dari tempat-tempat yang sudah kita kunjungi:

    1. Toko C-59
    Bahan :Lacos Katun – tipis
    Harga :55.000 – 60.000
    Kategori :Order Jahit
    2. Toko KOPMA
    Bahan :Lacos Katun – Tebal
    Harga :63.500
    Kategori:Order Jahit
    3. Toko Wijaya
    Bahan :LacosKatun- Sedang
    Harga :40.000 – 45.000
    Kategori :Order Jahit
    4. Mall Gale
    Bahan :Lacos katun – Sedang
    Harga :79.500 – 129.900
    Kategori : Baju Jadi – available warna putih
    5. Mall Ramayana
    Ga ada
    6. Mall Ramai
    Ga ada

    Jadi…,sekarang semua keputusan ada di tangan teman-teman semua.

















1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah2 ...
ternyata perjuangannya sangat berat. Salut deh buat Nesi dan Niken. Kalau saya sih yg mudah didapat saja. KOPMA: OK; C-59: No Problem.