Try not to become a man of success but rather to become a man of value. (Albert Einstein, 1879-1955)

Kamis, Februari 21, 2008

Semester Padat Karya

Dulu di masa orde-baru (mungkin sampai sekarang masih), kalau ada kegiatan atau industri yang melibatkan banyak tenaga kerja, biasanya disebut dengan istilah padat karya (instead of mekanisasi) dan menjadi proyek favorit untuk menurunkan angka pengangguran. Karena kerjaannya banyak jadi dibutuhkan banyak tenaga kerja, maka disebut padat karya.

Kalau mau dihitung-hitung, semester ini (setidaknya bagi saya) adalah semester padat karya, karena kerjaannya bakal banyak, sialnya kita tidak bisa merekrut tenaga kerja untuk menyelesaikan semua pekerjaan itu. Jadi saya berani bilang kalau semester ini semester padat karya alias kerjaannya banyak.. (begitu yang saya tulis di shout Friendster-ku)
he he he he

Seperti rekan-rekan 906-ers yang lain, saya juga memprogramkan tiga matakuliah (mk) plus Thesis, yang karakteristik setiap mk sepertinya memang padat karya, alias banyak tugas, banyak nulis, banyak programming, apalagi Thesis, hue he he he..

Mk Pengenalan Pola, di minggu kedua kita sudah punya tugas untuk belajar clustering, dan dari beberapa literatur, clustering sepertinya tidak bisa dipisahkan dari pengenalan pola, serta kebanyakan case-study-nya dikerjakan dengan MatLab.
Nambah kerjaan lagi nih.., musti belajar MatLab

Mk Pemrosesan Citra Digital, sampai hari ini sudah minggu kedua belum pernah masuk, jadi belum ada tugas, tapi hampir bisa dipastikan untuk dapat memahami mk ini, tidak bisa hanya dengan bercerita dalam paper, tetapi harus dengan padat karya.

Just for sharing, siapa tau ada yang mau ngikuti metode ini:

Semester 1, untuk saya adalah semester C, di mana dalam semester itu saya memotivasi diri untuk bisa memprogram dalam bahasa C, Alhamdulillah ilmunya dapat, nilainya dapat, pemrograman C-nya dapat, lewat mk Jaringan Komputer

Semester 2, untuk saya adalah semester .NET (dibaca DOT NET), dimana saya menargetkan untuk bisa memprogram dalam lingkungan .NET, paling tidak dengan Visual Basic (yang sebelumnya sudah saya kuasai). Alhamdulillah, VB.NET-nya dapat, ilmunya lumayan dapat, nilainya... ehm.. :( (..lewat mk Sistem Penunjang Keputusan)

Semester 3 ini, untuk mengikuti trend, saya mencanangkan untuk belajar bahasa Jawa.. eh Java.., dan mudah-mudahan bisa meraih pencapaian optimal lewat mk Pemrosesan Citra Digital

ssst.. plus MadLab eh.. MatLab

Mk Sistem Pakar..., Waaaaaaaaaaa...!, tadi pagi baru tau kalau dosennya ganti, dari pa' Yoyo ke pa' Dodo.., maaf, maksudnya pa' Widodo. Strateginya harus beda, menurut informasi yang saya dengar, beliau ngajar agak pasif, jadi menurut saya, kalau mau dapat ilmunya maka kita yang musti aktif, baca ini-itu, dan kebiasaan saya.. rajin nanya ini-itu
Untuk dapat nilainya.. no-comment dulu deh.. Lagi-lagi informasi yang saya dapat, katanya nilainya agak sulit ditebak, kerja keras belum tentu nilai maksimal, dan ada yang santai tapi justru bisa dapat nilai maksimal.
So.. saya tidak mau spekulasi dan berharap banyak untuk mk ini. Kapok dengan mk Multitier System (semester 1, pa Azhari) banyak kerja tapi hasil tidak maksimal, dan mk Model Sistem Informasi (semester 2, pa Daliyo) spekulasi nyantai.. ngumpulin soal saja.. hasil tidak maksimal juga :(

Thesis.. Waaaaaaaaaaaaaa...!! (lagi), semua pasti sepakat kalau ini asli padat karya (tetap dalam konteks padat karya = banyak kerjaan), per hari ini proposal belum ditulis karena fokus belum jelas, fokus belum jelas karena literatur belum cukup, literatur belum cukup karena.. belum tau sebenarnya mau bahas apa.. Hua ha ha ha ha
(kayaknya bisa jadi lagu dan dinyayikan dalam irama lagu Sang Kodok he he he..)

sebagai penutup (karena ngga ketemu gimana nulis anti-klimaksnya, jadi di cut aja :)),
Kalau ini dibilang berbagi visi, syukur dan terima kasih..,
kalau ini dibilang curhat.., ngga apa-apa, memang iya juga..
Tapi please, jangan dianggap menggurui yaa.. saya hanya sedang memotivasi diri untuk KERJA.., KERJA.. dan KERJA!
(pinjam gaya bahasa bunda Hetty di SuperMama Indosiar :))

Syukur kalau berguna juga untuk rekan 906-ers yang lain

Pohon pandan dipanjat Mamat
rubuh menimpa si Entong
Sependapat ngga sependapat
kasih comment dong..

Tidak ada komentar: